Menu

Jumat, 28 Oktober 2011

Apa Pengertian Server

Pengertian Server

Dalam konteks arsitektur client-server, pengertian server adalah program komputer yang menjalankan perintah atau untuk melayani permintaan dari program lain, "klien". Jadi, “server" melakukan beberapa tugas komputasi atas nama "klien". Klien baik dijalankan pada komputer yang sama atau terhubung melalui jaringan.

Di sebagian besar penggunaan umum, server adalah sebuah komputer fisik (suatu sistem perangkat keras) yang didedikasikan untuk menjalankan satu atau lebih layanan tersebut (sebagai tempat penyimpanan file/database), untuk melayani kebutuhan pengguna komputer lain pada jaringan. Tergantung pada layanan komputasi yang menawarkan layanan server tersebut, seperti menjadi database server, file server, mail server, print server, web server, atau lainnya.

Dalam konteks internet (IP) jaringan Protokol, server adalah sebuah program yang beroperasi sebagai pendengar soket.

Server sering menyediakan layanan penting di seluruh jaringan, baik untuk pengguna pribadi di dalam sebuah organisasi besar atau untuk pengguna umum melalui Internet. Sebagai contoh, ketika Anda memasukkan query di mesin pencari, query dikirim dari komputer Anda melalui internet ke server yang menyimpan semua halaman web yang relevan.
Hasilnya dikirim kembali oleh server ke komputer Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar