Menu

Jumat, 28 Oktober 2011

Apa Pengertian Email

Pengertian Email

Pengertian Email atau Elektronik mail (e-mail), merupakan metode bertukar pesan digital dari penulis untuk satu atau lebih penerima. Email modern beroperasi di Internet atau jaringan komputer lainnya. Server email menerima, memforward, menyampaikan dan menyimpan pesan. Baik pengguna maupun komputer mereka diharuskan untuk online apabila ingin mengecheck email yang masuk.

Sebuah pesan email biasanya terdiri header pesan dan tubuh pesan. Header pesan berisi informasi kontrol yaitu satu alamat email penerima dan atau lebih alamat penerima. Biasanya informasi deskriptif juga ditambahkan, seperti kolom header subyek dan penyampaian pesan tanggal.

Awalnya Email hanya dapat mengirimkan sebuah teks saja (7-bit ASCII dan lain-lain) kemudian hingga kini email dapat mengirim pesan komunikasi media, email diperpanjang untuk membawa lampiran konten multi-media, suatu proses standar dalam RFC (Request For Comment) 2045 melalui 2049. Secara kolektif, RFC ini disebut Multipurpose Internet Mail Extensions (MIME).

Contoh Format alamat Email :

contoh @ gmail.com

penjelasan :

contoh : merupakan nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) yang ingin dituju dalam mailserver.

Gmail : nama domain, biasanya menunjukkan nama perusahaan/organisasi/perorangan.

.com  : top level domain, menunjukkan bahwa domain ini terdaftar di otoritas domain internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar