Menu

Minggu, 30 Oktober 2011

Apa Pengertian CPU

Pengertian CPU

Pengertian CPU atau Unit pengolahan pusat adalah bagian dari sebuah sistem komputer yang melakukan instruksi dari program komputer, untuk melakukan operasi aritmatika, logika, dan input / output dasar dari sistem. CPU memainkan peran agak analog dengan otak dalam komputer. Istilah ini telah digunakan dalam industri komputer setidaknya sejak awal 1960-an. Bentuk, desain dan implementasi CPU telah berubah secara dramatis sejak awal contoh, tetapi operasi dasar mereka tetap sama.

Pada mesin besar, CPU memerlukan satu atau lebih papan sirkuit tercetak. Pada komputer pribadi dan workstation kecil, CPU ditempatkan dalam sebuah chip silikon tunggal yang disebut mikroprosesor. Sejak 1970-an kelas mikroprosesor CPU telah hampir sepenuhnya diambil alih semua implementasi CPU lain. CPU modern yang besar sirkuit terpadu skala kecil, paket persegi panjang, dengan menghubungkan pin ganda.

Dua komponen khas dari CPU adalah logika aritmatika unit (ALU), yang melakukan operasi aritmatika dan logika, dan unit kontrol (CU), yang ekstrak instruksi dari memori dan decode dan mengeksekusi mereka, menyerukan ALU bila diperlukan.

Tidak semua sistem komputasi bergantung pada unit pengolahan pusat. Sebuah prosesor array atau prosesor vektor memiliki beberapa elemen komputasi paralel, dengan tidak ada satu unit dianggap sebagai "pusat". Dalam model komputasi terdistribusi, masalah ini diselesaikan oleh satu set prosesor terdistribusi saling berhubungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar