Menu

Sabtu, 29 Oktober 2011

Apa Pengertian Batik

Pengertian Batik

Pengertian Batik adalah kain yang secara tradisional yang dibuat secara manual menggunakanwax-resist dyeing” teknik. Batik atau kain dengan pola batik tradisional yang ditemukan di (khususnya) Indonesia, Malaysia, Jepang, Cina, Azerbaijan, India, Sri Lanka, Mesir, Nigeria, Senegal, dan Singapura.

Batik Jawa tradisional, terutama dari Yogyakarta dan Surakarta, memiliki arti yang penting berakar pada konseptualisasi Jawa alam semesta. Warna tradisional meliputi nila, coklat tua, dan putih, yang mewakili tiga dewa utama Hindu (Brahma, Visnu, dan Siva). Hal ini terkait dengan fakta bahwa pewarna alami yang paling umum tersedia dalam nila dan coklat. Pola tertentu hanya bisa dikenakan oleh kaum bangsawan; tradisional, garis-garis yang lebih luas atau garis bergelombang dengan lebar yang lebih besar menunjukkan peringkat yang lebih tinggi. Akibatnya, selama upacara Jawa, orang bisa menentukan garis keturunan kerajaan orang dengan melihat kain yang dia kenakan.

Daerah lain di Indonesia memiliki pola unik mereka sendiri yang biasanya mengambil tema dari kehidupan sehari-hari, menggabungkan pola-pola seperti bunga, alam, binatang, cerita rakyat atau orang. Warna-warna batik Pesisir, dari kota-kota pesisir utara Jawa, terutama bersemangat, dan menyerap pengaruh dari, Jawa Arab, budaya Cina dan Belanda. Dalam kolonial kali Pesisir batik favorit peranakan Tionghoa, Belanda dan Indo.

Batik Indonesia telah didaftarkan di UNESCO sebagai Warisan Karya Bangsa Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2009. Sebagai bagian dari pengakuan, UNESCO menegaskan bahwa Indonesia melestarikan warisan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar